Mirayanti, Ni Luh Dewi (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KERAJAAN BERCORAK HINDU-BUDHA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIAKAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031031-COVER.pdf Download (965kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031031-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031031-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS materi kerajaan bercorak Hindu-Budha untuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai cara sistematis dalam pengembangan modul. Subjek uji coba penelitian adalah ahli isi/materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, guru, dan peserta didik kelas IV SD. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa rancang bangun modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan melalui lima tahapan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dengan memperoleh hasil sebagai berikut. (1) hasil penilaian ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 95,45% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 98,3% dengan kualifikasi sangat baik; (4) hasil uji respon guru yang dilakukan pada guru kelas IV memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis; (5) hasil uji coba perorangan yang dilakukan terhadap tiga orang peserta didik memperoleh persentase 97,8% dengan kategor sangat praktis; (6) hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh sembilan orang orang peserta didik memperoleh persentase 94,98% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan kepraktisan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS materi kerajaan bercorak Hindu-Budha valid, layak dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Dewi Mirayanti |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 03:38 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 03:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19446 |
Actions (login required)
View Item |