Aprilyawati, Ni Putu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN PUPUAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031181-COVER.pdf Download (735kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031181-ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031181-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (394kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031181-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031181-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031181-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031181-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031181-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031181-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini rancangan yang digunakan yaitu Nonequivalent Post-test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Pupuan yang berjumblah 61 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling kemudian dilakukan post-test untuk kelas eksperimen yaitu SD N 2 Munduktemu berjumblah 15 siswa dan kelas kontrol yaitu SD N 1 Munduktemu berjumblah 14 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung =5,67 lebih dari nilai ttabel =2,052 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kelompok eksperimen yang diterapkan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar memiliki kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik dari kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian yang mana dalam uji hipotesis diperoleh nilai thitung lebih dari nilai ttabel yang menandakan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Model Pembelajaran CIRC; Cerita Bergambar; Keterampilan Membaca Pemahaman. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Aprilyawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2024 23:57 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 23:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19593 |
Actions (login required)
View Item |