PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL KoGOPEQ PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DAN GOTONG ROYONG PESERTA DIDIK

Dilla, Pande Putu Adi Putri Purnama (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL KoGOPEQ PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DAN GOTONG ROYONG PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2223011003-COVER.pdf

Download (457kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223011003-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (482kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223011003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berorientasi model KoGOPEQ (Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Peserta Didik) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan karakter percaya diri dan gotong royong peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur penelitian Plomp, terdiri atas tiga fase pengembangan, yaitu fase preliminary research, fase prototyping, dan fase assessment. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Panji dan SD Negeri 1 Baktiseraga. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validitas multimedia interaktif berorientasi model KoGOPEQ, angket respon guru, angket respon peserta didik, tes pemahaman materi pecahan, dan lembar observasi karakter peserta didik. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) Multimedia Interaktif yang dikembangkan masuk ke dalam kategori kevalidan sangat baik dengan rata-rata skor 4.6, (2) Multimedia Interaktif yang dikembangkan masuk ke dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata persentase 80.97%, (3) Multimedia Interaktif yang dikembangkan masuk ke dalam kategori sangat efektif dengan rata-rata skor dalam peningkatan karakter percaya diri sebesar 0.79 yang tergolong peningkatan kategori tinggi dan peningkatan karakter gotong royong sebesar 0.82 yang tergolong peningkatan kategori tinggi. Selain dapat meningkatkan karakter, multimedia interaktif berorientasi KoGOPEQ dapat memberikan peningkatan pemahaman konsep pecahan di SDN 1 Baktiseraga dengan perolehan rata-rata skor pretes sebesar 42.35 dan rata-rata skor postes sebesar 71.88. Untuk perolehan rata-rata skor pretes di SDN 6 Panji sebesar 47.57 dan rata-rata skor postes sebesar 73.29.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model KoGOPEQ, Multimedia Interaktif, Karakter Percaya Diri, Karakter Gotong Royong
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Pande Putu Adi Putri Purnama Dilla
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:51
Last Modified: 25 Apr 2024 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19637

Actions (login required)

View Item View Item