Dewi, Ni Putu Diah Loriana Dewi (2024) Pengembangan Modul IPA Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013071012-COVER.pdf Download (586kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013071012-ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PPENUTUP)
2013071012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013071012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek uji penelitian ini terdiri dari subjek uji validitas terdiri dari 2 orang dosen ahli di bidang IPA, 3 orang guru IPA sebagai subjek uji kepraktisan dan 15 orang siswa kelas VII SMPN 1 Sukasada sebagai subjek uji keterbacaan. Metode dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik modul IPA yang dikembangkan, yaitu (1) Modul IPA yang dikembangkan berbentuk buku paket dengan format hard copy (modul cetak) dan soft copy (pdf). (2) Karakteristik kegiatan pembelajarannya dalam modul IPA menggunakan model Discovery Learning yang setiap sintaksnya berorientasi pada keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila. (3) Hasil uji tingkat validitas memperoleh rata-rata skor 1,00 termasuk kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 94% termasuk kategori sangat praktis, dan hasil uji keterbacaan dengan kategori sangat terbaca dengan skor rata-rata 93%. Berdasarkan hasil tersebut modul IPA berorientasi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan, layak diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji efektivitas. Kata kunci: Modul IPA, Profil Pelajar Pancasila, Model 4D
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul IPA, Profil Pelajar Pancasila, Model 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diah Loriana Dewi |
Date Deposited: | 28 Apr 2024 04:27 |
Last Modified: | 28 Apr 2024 04:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19657 |
Actions (login required)
View Item |