Mustika, Dwi Bayu (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT DI KELAS X-2 SMAN 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012011007_COVER.pdf Download (815kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012011007_ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011007_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011007_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2012011007_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011007_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011007_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011007_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012011007_LAMPIRAN.pdf Download (568kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji penerapan model pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas X-2 SMAN 2 Banjar dan mengevaluasi respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks anekdot. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa di kelas kelas X-2 SMAN 2 Banjar tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran teks anekdot, meliputi diferensiasi pada komponen isi/konten, proses, produk, serta lingkungan belajar. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,2 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 80 (baik). Terdapat peningkatan sebesar 4,8%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 81,9 (positif) dan pada siklus II sebesar 83,2 (positif) mengalami peningkatan sebanyak 1,3%. Secara umum, respons siswa terhadap pembelajaran teks anekdot tergolong positif. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa masing-masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda yang harus difasilitasi melalui pembelajaran berdiferensiasi. kata kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran berdiferensiasi, teks anekdot.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, model pembelajaran berdiferensiasi, teks anekdot. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Dwi Bayu Mustika |
Date Deposited: | 16 May 2024 06:53 |
Last Modified: | 16 May 2024 06:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19713 |
Actions (login required)
View Item |