Utama, Ketut Gde Sunu (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031258-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031258-ABSTRAK.pdf Download (638kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031258-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031258-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031258-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031258-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031258-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031258-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031258-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Studi ini mempunyai empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan LKPD berbasis augmented reality (AR), (2) menganalisis kelayakan LKPD berbasis AR, (3) menganalisis kepraktisan LKPD berbasis AR, dan (4) menganalisis efektivitas LKPD berbasis AR terhadap pemahaman konsep bangun ruang peserta didik kelas V di SD. Studi ini memakai model ADDIE, dengan tahapannya yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam studi ini adalah LKPD berbasis AR, sedangkan validitas, media, materi, kepraktisan dan efektivitas LKPD merupakan objek penelitian pengembangan. Metode pengumpulan data yaitu dengan rating scale dan tes. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu lembar rating scale, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) indeks validitas sebesar 0,92 berkualifikasi validitas tinggi untuk LKPD berbasis AR, (2) indeks validitas sebesar 0,92 berkualifikasi validitas tinggi untuk materi pada LKPD berbasis AR, (3) tingkat respon guru sebesar 3,8 berkualifikasi sangat baik terhadap LKPD berbasis AR, (4) respon siswa sebesar 4,0 berkualifikasi sangat baik terhadap LKPD berbasis AR, dan (5) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi mendapatkan skor sebesar sebesar 0,000 < 0,05, sehingga LKPD berbasis AR efektif utuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD, Augmented Reality 3D, Pemahaman Konsep Bangun Ruang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KETUT GDE SUNU UTAMA |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:38 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19746 |
Actions (login required)
View Item |