Sari, Ni Komang Tri Cipta (2024) Studi Evaluasi Sekolah dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Reguler Gugus I Nakula Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031075-COVER.pdf Download (626kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031075-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
2011031075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
2011031075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
2011031075-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
2011031075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031075-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian evaluasi ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penyelenggaraan pendidikan inklusif atau pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar Gugus I Nakula Kabupaten Jembrana. Evaluasi dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, product) dengan metode pengumpulan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah didapat dianalis dengan 3 tahapan yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi. Data hasil penelitian bahwa pada tahap context masih perlu banyak perbaikan dari keseluruhan aspek kurikulum, manajemen sekolah, dan pemberdayaan masyarakat. Pada evaluasi input dari aspek guru perlunya peningkatan kompetensi guru pendamping bagi siswa ABK, tetapi pada aspek peserta didik menunjukan bahwa semua siswa dapat berkomunikasi dan bekerjasama tanpa melihat siswa normal atau ABK, sehingga tidak ada diskriminasi dan bullying di sekolah. Evaluasi process masih perlu perbaikan karena selama proses belajar sarana prasarana yang menunjang pembelajaran masih kurang lengkap ataupun tidak ada. Sedangkan pada evaluasi product hasil belajar siswa masih harus dikembangkan sesuai bakat, dan minat agar tercapai tujuan dari tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah reguler Gugus I Nakula Kabupaten Jembrana perlu evaluasi lebih lanjut untuk keberlangsungan dan keberhasilan pendidikan bagi siswa ABK sehingga semua siswa mendapatkan pendidikan yang sama tanpa dibeda-bedakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Model CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KOMANG TRI CIPTA SARI |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:58 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19852 |
Actions (login required)
View Item |