Angelica, Ni Made Sukma (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII MENGWI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031100-COVER.pdf Download (632kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031100-ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031100-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031100-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031100-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031100-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031100-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbasis Hypnoteaching terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design dan rancangan analisis data ialah Independent Sample T-Test. Populasi pada penelitian ini ialah dari 7 sekolah dengan sebanyak 214 siswa. Pengambilan anggota sampel penelitian dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling yang sebelumnya telah dilakukan uji penyetaraan dengan menggunakan Anava satu jalur. Setelah dinyatakan setara maka didapatkan kelompok sampel dengan Cluster random sampling, diperoleh kelompok sampel eksperimen yaitu kelas IV SD No 2 Werdhi Buwana dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa dan kelompok kontrol dari kelas IV A SD NO 3 Mengwi sebanyak 27 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah metode tes berupa tes objektif dengan sebanyak 20 soal. “Analisis Statistik yang digunakan dalam penelitian ini ialah statistik Deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 6,208 > ttabel = 2,005 dengan dk 54 pada α 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Think Pair Share berbasis Hypnoteaching dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share berbasis Hypnoteaching. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbasis Hypnoteaching berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Hypnoteaching, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sukma Angelica |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 08:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 08:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19954 |
Actions (login required)
View Item |