Antari, Ni Kadek Tarisma Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PELIATAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031261-COVER.pdf Download (968kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031261-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031261-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031261-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031261-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031261-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031261-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031261-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031261-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan saat melakukan observasi dan wawancara di SD Negeri Gugus Peliatan yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum optimal dalam memahami suatu bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, selain itu belum diterapkannya model pembelajaran SQ3R berbantuan media visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model SQ3R berbantuan media visual terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Desain dalam penelitian ini yakni Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV SD Gugus Peliatan yang berjumlah 143 siswa dari 4 kelas di SD Gugus Peliatan yang akan dimasukkan untuk menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel ditentukan dengan Teknik cluster random sampling, dengan sampel yang terpilih terdiri dari kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV yang dibelajarkan dengan Model SQ3R berbantuan media visual dan kelompok kontrol siswa kelas IV yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda biasa. Perhitungan uji t berhasil memperoleh hasil dengan angka mencapai thitung = 2.743 > ttabel = 1.993, maka H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Hasil penelitian ini berhasil menunjukkan telah ditemukan adanya ketidaksamaan secara signifikan yang terjadi dalam hasil nilai yang diperoleh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang ada di kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan Model SQ3R berbantuan media visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : model pembelajaran SQ3R. media visual, kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Tarisma Dwi Antari |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 23:46 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 23:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19985 |
Actions (login required)
View Item |