Astuti, Ni Luh Putu Kenny (2024) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Undergraduate thesis, Uiversitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013071007-COVER.pdf Download (765kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013071007-ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013071007-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA terpadu berbasis inkuri terbimbing pada tema udara bersih bagi kesehatan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri atas define, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian hanya di batasi sampai pada tahap Develop (Pengembangan). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 2 orang ahli S1 Pendidikan IPA, 4 orang guru yang terdiri dari 2 orang guru di SMP Negeri 3 Singaraja dan 2 orang guru di SMP Negeri 2 Kuta Selatan, serta 28 orang siswa di SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari analisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan yaitu, (1) menggunakan tema udara bersih bagi kesehatan, (2) menggunakan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing, (3) setiap sub materi berisikan fitur apersepsi, ayo membaca, sekilas info, ayo kerjakan, ayo simak, aktivitas sains, mari kreatif dan ayo mencoba. Tingkat vaiditas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, dilihat dari skor rata-rata penilaian sebesar 0,92. Tingkat kepraktisan termasuk dalam kategori sangat praktis dilihat dari skor rata-rata sebesar 4,43. Tingkat keterbacaan termasuk dalam kategori sangat terbaca dilihat dari skor rata-rata sebesar 3,91. Berdasarkan hasil tersebut modul ini layak diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Inkuiri Terbimbing, Udara Bersih Bagi Kesehatan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Kenny Astuti |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:10 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 04:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20156 |
Actions (login required)
View Item |