Sinuraya, Wita Anestasya Br (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013071011-COVER.pdf Download (597kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013071011-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071011-BAB 1-PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071011-BAB 2- KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2013071011-BAB 3-METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071011-BAB 4- HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071011-BAB 5-PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071011-DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (103kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013071011-LAMPIRAN..pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepratisan dan keterbacaan video pembelajaran IPA pada materi sistem pernpasan manusia untuk peserta didik kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research & Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Subjek uji coba kevalidan adalah 2 orang dosen ahli pendidikan IPA dan pendidikian Biologi, 2 orang guru IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja, 2 orang guru IPA kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja, 10 orang peserta didik SMP Negeri 2 Singaraja dan 10 orang peserta didik SMP Negeri 3 Singaraja. Karakteristik & analisis dalam perolehan video pembelajaran yang dikembangkan berupa animasi yang memiliki aspek visual, audio, tipografi, kebahasaan, materi dan penyajian. Teknik analisis data dan pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan dua teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan angket instrumen. Hasil uji validitas memperoleh skor rata-rata 0,89 termasuk kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 4,18 termasuk kategori sangat praktis dan hasil uji keterbacaan dengan kategori sangat terbaca dengan skor rata-rata 4,4. Berdasarkan hasil tersebut video pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia untuk peserta didik kelas VIII, dinyatakan valid, praktis, dan terbaca sehingga berpotensi dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji efektivitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Sistem Pernapasan, Model ADD |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Wita Anestasya Br Sinuraya |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:42 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20342 |
Actions (login required)
View Item |