Pratiwi, Putu Heta Maja (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KOMPETENSI KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IX YOS SUDARSO DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031252-COVER.pdf Download (845kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031252-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031252-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031252-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031252-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031252-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031252-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031252-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031252-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kompetensi keterampilan menulis deskripsi bahasa indonesia setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test) siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Denpasar Selatan tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Denpasar Selatan sebanyak 277 siswa yang terdiri dari 11 kelas dari 5 sekolah. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol dengan undian. Oleh karena itu, didapatkan kelas VB di SD Negeri 6 Sanur dengan jumlah siswa 24 orang sebgai kelas eksperimen dan pada kelas VB SD Negeri 12 Sanur yang berjumlah 23 orang adalah kelas kontrol. Pengumpulan data kompetensi keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia ini menggunakan instrumen tes berupa tes essay yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Indonesia kelompok eksperimen yaitu 80,417 lebih tinggi dari nilai rata-rata kontrol yaitu 70,217. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh thitung = 4,519 dan ttabel = 2,014 untuk dk = n1+n2-2 = 45 dengan taraf signifikansi 5%, karena thitung > ttabel H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Saintifik berbantuan media pop-up book berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus IX Yos Sudarso Denpasar Selatan tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan untuk memperdalam teori mengenai Pendekatan Saintifik berbantuan media pop-up book.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Media Pop-Up Book, Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Heta Maja Pratiwi |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:38 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20444 |
Actions (login required)
View Item |