Dewi, Luh Putu Maelinda Angga (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN TRAIT AND FACTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN PILIHAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011011028-COVER.pdf Download (723kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011011028-ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011011028-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor sebagai upaya untuk meningkatkan kematangan pilihan karir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan adalah Buku Panduan Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Trait and Factor Untuk Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Siswa. Panduan ini dibuat untuk membantu guru BK dalam melaksanakan layanan konseling di sekolahnya untuk meminimalisir rendahnya kematangan pilihan karir siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran korektif 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan sebagai berikut. (1) Tahap definisi, (2) Tahap desain, (3) Tahap pengembangan, (4) Tahap diseminasi. Lima orang ahli bimbingan konseling ikut serta sebagai subjek dalam penelitian ini, diantaranya tiga dosen bimbingan konseling dari FIP Undiksha dan dua orang guru bimbingan konseling dari SMK Negeri 4 Denpasar. Untuk menguji efektivitas panduan konseling kelompok, peneliti menggunakan sebelas siswa sebagai subjek. Dari 24 item instrumen yang digunakan dalam evaluasi ahli, seluruh item dalam Panduan Konseling Kelompok telah menunjukkan validitas yang baik. Berdasarkan evaluasi tersebut, indeks validitas isi (CVI) panduan dinilai sudah sesuai. Penilaian terhadap indeks validitas isi suatu buku pedoman konseling sangat penting untuk menentukan apakah buku pedoman konseling tersebut layak digunakan. Hasil uji hipotesis, Buku Panduan Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Trait and Factor Untuk Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Siswa mempunyai Thitung sebesar 9,991, tingkat signifikansi 0,05, dan nilai ES sebesar 0,908, hal ini menunjukkan bahwa itu efektif dalam meningkatkan kematangan pilihan karir siswa, termasuk dalam kategori ES tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Panduan Konseling, Trait and Factor, dan Karir Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Maelinda Angga Dewi |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 00:51 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20467 |
Actions (login required)
View Item |