PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN TEACHING at RIGHT LEVEL (TaRL)TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SD NEGERI 1 NAWA KERTI

Widnyani, Ni Nengah Ari (2024) PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN TEACHING at RIGHT LEVEL (TaRL)TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SD NEGERI 1 NAWA KERTI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031177-COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031177-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031177-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031177-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031177-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031177-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031177-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
2011031177-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031177-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Discovery Learning Berpendekatan Teaching at Right Level (TaRL) terhadap Hasil Belajar PKn Kelas IV SD Negeri 1 Nawa Kerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan pendekatan Eskperimen Semu (Quasi Eksperimental Desain), yaitu mencari perbedaan hasil belajar PKn peserta didik yang diajar dengan pembelajaran Discovery Learning berpendekatan TaRL dan hasil belajar peserta didik yang tidak diajar dengan menggunakan pembelajaran Discovery Learning berpendekatan TaRL. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD Negeri 1 Nawa Kerti yang terdiri dari kelas IV A dan kelas IV B yang berjumlah 46 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 23 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistika deskriptif dan teknik analisis statistika inferensial (uji-t) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Discovery Learning berpendekatan TaRL terhadap hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri 1 Nawa Kerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Discovery Learning, Teaching at Right Level
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nengah Ari Widnyani
Date Deposited: 15 Jul 2024 23:41
Last Modified: 15 Jul 2024 23:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20585

Actions (login required)

View Item View Item