Margaretta, Desak Gede Celsy Adnya (2024) Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana di SMP Negeri 2 Kerambitan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013071023-COVER.pdf Download (529kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013071023-ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013071023-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan literasi sains dan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi sains siswa SMP Negeri 2 Kerambitan khususnya pada materi Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII dan 4 guru IPA. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi sains dan faktor yang mempengaruhi materi Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana. Data dikumpulkan dengan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa. Wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Sebesar 66,66% literasi sains siswa terkategori sangat rendah, 16,66% dalam kategori rendah, dan 16,66% dalam kategori sedang. Kemampuan literasi pada menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 50,740%, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 44,285%, dan menginterprestasikan data dan bukti secara ilmiah sebesar 35%. (2) Kemampuan literasi sains siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mendominasi yaitu motivasi belajar siswa sedangkan faktor eksternal yang mendominasi adalah fasilitas sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Faktor Literasi Sains, Usaha Energi dan Pesawat Sederhana |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Desak Gede Celsy Adnya Margaretta |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 00:53 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20727 |
Actions (login required)
View Item |