Yuniari, Luh Komang (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229171013-COVER.pdf Download (981kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171013-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171013-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171013-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Yuniari, Luh Komang (2024), Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa dan Sosial Emosional Anak. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. dan Pembimbing II: Dr. I Gede Astawan, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan bahasa antara anak yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media boneka tangan dan kelompok anak yang dibelajarkan dengan metode ceramah; (2) perbedaan sosial emosional antara anak yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media boneka tangan dan kelompok anak yang dibelajarkan dengan metode ceramah; (3) perbedaan secara yang signifikan kemampuan bahasa dan sosial emosional antara anak yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media boneka tangan dan kelompok anak yang dibelajarkan dengan metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah 185 anak TK B Gugus 4 Sukawati. Kelas yang setara diambil 1 kelas untuk kelompok kontrol dan 1 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 65 anak. Data keterampilan kemampuan bahasa dan sosial emosional anak diambil dengan lembar ceklist dengan dengan rating scale 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan bahasa anak yang mengikuti metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media boneka tangan dengan anak yang dibelajarkan dengan metode ceramah dengan nilai sig.0,003; (2) terdapat perbedaan sosial emosional anak yang mengikuti metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media boneka tangan dengan anak yang dibelajarkan dengan metode ceramah dengan nilai sig. 0,000; (3) terdapat perbedaan kemampuan bahasa dan sosial emosional anak yang mengikuti metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media boneka tangan dengan anak yang dibelajarkan dengan metode ceramah dengan nilai sig. 0,000. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media boneka dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan sosial emosional pada anak usia dini. Kata-kata kunci: Metode Pembelajaran Demostrasi, Media Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa, Sosial Emosional Anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Demostrasi, Media Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa, Sosial Emosional Anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Luh Komang Yuniari |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20884 |
Actions (login required)
View Item |