SILALAHI, ERWINDO MORGAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS 3V (VERBAL,VISUAL, dan VOICE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMAN 2 GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229091009-COVER.pdf Download (369kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229091009-ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091009-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229091009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS bertujuan menumbuhkan sikap siaga generasi muda terhadap perubahan di dalam masyarakat dan menanamkan nilai-nilai penting untuk hidup berdampingan secara sosial, namun berdasarkan hasil survei peneliti menemukan siswa kelas X SMA Negeri 2 Gianyar mengalami kurangnya motivasi belajar IPS dan membutuhkan pemahaman literasi digital. hal ini terkait dengan fenomena HOAX dan Cyberbulying. Perlu penanaman pemikiran kiritis dalam pemanfaatan produk teknologi dan komunikasi di era digitalisasi ini. Penelitian ini berusaha memecahkan permasalahan motivasi belajar dan rendahnya literasi digital, metode pengajaran yang monoton menyebabkan siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran IPS juga kurangnya keterkaitan materi IPS terhadap wawasan literasi digital adalah masalah utama yang diperoleh. sehingga peneliti mengadakan pengembangan media pembelajaran 3V (Verbal, Visual dan Voice) untuk meningkatkan motivasi belajar dan literasi digital siswa. Desain pengembangan menggunakan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). 3V adalah konsep penyerapan informasi oleh Albert Mehrabian penyampaian pesan dengan (Verbal, Visual dan Voice) sangat efektif sebab penyampaian pesan menggunakan visual memiliki persentase 58%, voice memiliki 38% dan verbal 7%. Sedangkan untuk menarik minat siswa peneliti mengadopsi konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Model ini adalah model pemasaran produk. Attention adalah pertanyaan yang akan meningkatkan rasa ingin tahu siswa sampai pada hal yang guru inginkan untuk siswa lakukan yakni Action. Analisa data menggunakan kombinasi kuantitatif dan kualitatif tipe Embeded Mixed Methods (data Kuantitatif sebagai data primer dan data Kualitatif sebagai data sekunder) untuk melakukan Uji hipotesis menggunakan Manova, hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan media pembelajaran 3V terhadap Motivasi Belajar dan Literasi Digital siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | 3V (Verbal, Visual dan Voice), Motivasi Belajar, Literasi Digital |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | ERWINDO MORGAN SILALAHI |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21164 |
Actions (login required)
View Item |