Azzahra, Kholifatur Riza (2024) THE IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATED INSTRUCTION IN ENGLISH LANGUAGE CLASS AT MTs NEGERI 8 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021099-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021099-ABSTRAK.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (484kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021099-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021099-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021099-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu aspek yang diprogramkan dalam Kurikulum Merdeka adalah Pembelajaran Berdiferensiasi, karena makna sebenarnya pembelajaran berdiferensiasi adalah mengakomodasi kebutuhan peserta didik berdasarkan kemampuan, minat, dan bakat peserta didik yang beragam. Saat ini pembelajaran berdiferensiasi sudah mulai diterapkan di berbagai tingkat pendidikan di Indonesia salah satunya di MTs Negeri 8 Banyuwangi. Namun dalam penerapannya masih ditemukan beberapa hambatan atau tantangan yang dihadapi oleh para guru, maka peneliti ingin meneliti tentang Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas 8 khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris di MTs Negeri 8 Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati kegiatan pembelajaran di kelas bahasa Inggris yang mana dalam proses pembelajarannya harus sesuai dengan aspek pembelajaran berdiferensiasi serta meneliti tentang tantangan yang dihadapi guru dan cara guru menghadapi tantangan tersebut. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen penelitian berupa ceklis observasi untuk acuan penelitian kegiatan pembelajaran di kelas dan melakukan interview dengan para guru bahasa inggris kelas 8 sebagai informan untuk mengetahui pemahaman para guru terkait pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara Guru 1 dan Guru 2 dalam proses pembelajaran. Guru 1 belum mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik sedangkan Guru 2 telah mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan cukup baik. Hal tersebut karena adanya perbedaan pemahaman terkait pembelajaran berdiferensiasi yang mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang efektif dan interaktif. Dalam pelaksanaanya, terdapat kendala yang dihadapi para guru seperti kurangnya fasilitas yang memadai serta kurangnya fokus siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi pembelajaran berdiferensiasi, proses pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kholifatur Riza Azzahra |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21238 |
Actions (login required)
View Item |