Ningsih, I Putu Mia Hughestia (2024) PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN KONTESKTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA, MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD NO 2 WERDI BHUWANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031275-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031275-ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031275-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031275-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031275-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031275-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031275-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031275-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031275-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui rancang bangun buku elektronik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di SD No 2 Werdi Bhuwana, (2) Mengetahui kelayakan buku elektronik pada muatan Bahasa Indonesia materi lihat sekitar dari segi isi, desain di media kelas IV SD No.2 Werdi Bhuwana, (3) mengetahui efektivitas buku elektronik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD No. 2 Werdi Bhuwana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes. Data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif, kuantitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menggunakan subjek 29 siswa kelas IV SD No 2 werdi Bhuwana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun Buku Elektronik berupa software yang didalamnya menampilkan penyampaian materi, video pembelajaran, quiz, dan evaluasi soal. (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Buku Elektronik layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (88%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (98%), dan (d) hasil uji perorangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (97%), (e) hasil uji kelompok kecil dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (97%), sehingga dapat dikatakan layak. (3) uji efektivitas dengan uji-t memperoleh nilai thitung sebesar 17,315, dengan df = n -1 = 29 – 1 = 28 pada taraf signifikasi 5% adalah 1,701, maka thitung = 17,315 > ttabel = 1,701. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga rata-rata post-test siswa lebih dari 80 (PAP). Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kemampun membaca siswa setelah menggunakan Buku Elektronik berbasis Pendekatan Kontekstual lebih dari nilai PAP (Penilaian Acuan Patokan), sehingga dinyatakan bahwa Buku Elektronik berbasis Pendekatan Kontekstual efektif diterapkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD No 2 Werdi Bhuwana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Buku Elektronik Berbasis Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Mia Hughestia Ningsih |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 00:48 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 00:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21398 |
Actions (login required)
View Item |