PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN

Nisa', Faizatun (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1514031018-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1514031018-ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1514031018-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1514031018-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1514031018-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1514031018-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1514031018-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1514031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1514031018-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumen, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inquiry berkualifikasi baik dengan skor 75.9% menggunakan penilaian APKCG Undiksha. Aktivitas belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry, dengan hasil uji hipotesis melalui angket aktivitas belajar diperoleh nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel yaitu 1.9174>1.6698. Selain itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan hasil uji hipotesis posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel, yaitu 3.7546>1.6698. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inquiry, aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: FAIZATUN NISA`
Date Deposited: 23 Jul 2020 05:01
Last Modified: 23 Jul 2020 05:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item