Nauroh, Hany Fairuza (2024) Peran Pembelajaran PPKn dalam Upaya Menanamkan Nilai Toleransi Pada Peserta Didik di SMK Negeri 2 Negara Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041017-COVER.pdf Download (435kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041017-ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014041017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017041017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041017-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pembelajaran PPKn dalam upaya menanamkan nilai toleransi pada Peserta didik. Lokasi Penelitia ini dilaksanakan di SMKN 2 Negara. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatatif. Subyek dalam penelitian ini Guru PPKn dan Peserta Didik. Metode Pengumpulan data menggunakan instrument Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, kemudian metode analisis data dianalisis melalui: pengumpulan data, redeksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) dimana dalam pembelajaran PPKn untuk menanamkan nilai toleransi guru menggunakan model pembelajaran discovery learning yang menggunakan system diskusi kelompok untuk memecahkan topik permasalahan dalam pembelajaran dan diakhiri dengan evaluasi. (2) Kebiasaan warga sekolah dalam menjunjung tinggi nilai toleransi yaitu peserta didik menunjukkan sikap religious, disiplin, gotong royong dan menghormati pendapat teman pada saat kegiatan diskusi. Sedangkan diluar kelas siswa menunjukkan sikap nasionalis dan toleran dimana tidak membeda-bedakan budaya, suku, agama, dan ras. Serta menunjukkan sikap saling menghormati. (3) Tantangan dan Hambatan yang dihadapi guru PPKn dalam menanamkan nilai toleransi pada peserta didik: peserta didik yang kurang mendapatkan pendidikan karakter di rumah, rusaknya lingkungan masyarakan dan pergaulan peserta didik. Kata Kunci : Upaya, PPKn, Nilai, Toleransi, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya, PPKn, Nilai, Toleransi, Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | HANY FAIRUZA NAUROH |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 13:38 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 13:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21675 |
Actions (login required)
View Item |