Sintia, Made Diana (2024) PENGARUH METODE BELAJAR BERMAIN BERBANTUAN MEDIA WEATHER WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2229171003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171003-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229171003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229171003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229171003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229171003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh media weather wheel terhadap kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar anak usia dini. Kajian dalam penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Tenik analisis yang digunakan adalah MANOVA dengan berbantuan aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak TK B yang berada di Gugus Jepun Denpasar Selatan dengan jumlah yaitu 140 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas TK B yaitu TK Petra Berkat dan TK Pelangi Dharma Nusantara berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yakni angket chek list untuk mengumpulkan data variabel kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar anak. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis SPSS pada taraf signifikansi 5% diantaranya: 1) Terdapat pengaruh yang siginifikan pada kemampuan kognitif antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. 2) Terdapat pengaruh yang siginifikan pada tanggung jawab belajar antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. 3) Terdapat pengaruh yang siginifikan pada kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar secara simultan antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibelajarkan media weather wheel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, kemampuan kognitif, tanggung jawab belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Made Diana Sintia |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:34 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21892 |
Actions (login required)
View Item |