Candra, Calvin (2024) SURVEI LITERASI JASMANI PESERTA DIDIK SD NEGERI 10 BANJAR DI KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011002-COVER.pdf Download (817kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011002-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2016011002-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2016011002-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI)
2016011002-BAB III METODOLOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
2016011002-BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2016011002-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IV, V, dan VI SD Negeri 10 Banjar di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng pada tanggal 12 Desember 2023 - 27 April 2024 untuk mengetahui tingkat kemampuan Literasi Jasmani. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Literasi, termasuk literasi jasmani, adalah keterampilan dasar penting yang mendukung partisipasi aktif dalam berbagai aspek kehidupan. Literasi jasmani melibatkan motivasi, kepercayaan diri, kompetensi jasmani, pengetahuan, dan pemahaman untuk terlibat dalam aktivitas jasmani seumur hidup. Data diperoleh melalui kuesioner PLKQ (Physical Literacy Knowledge Questionnaire) yang mengukur kemampuan literasi jasmani dengan skor 4, 3, 2, dan 1. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan literasi jasmani peserta didik SD Negeri 10 Banjar di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Tahun Pelajaran 2023/2024 berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil kuesioner literasi jasmani peserta didik sebesar 63 (79%) yang berada pada kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari kuesioner menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang memiliki pemahaman tentang literasi jasmani. Pada penelitian ini diharapkan peserta didik lebih antusias lagi untuk bergerak seperti yang terdapat pada item pertanyaan ke-5, peserta didik lebih senang bermalas-malasan daripada berjalan atau berlari. Kemudian diharapkan juga kedepannya peserta didik paham akan sangat pentingnya makanan sehat bisa melalui sosialisasi di sekolah seperti yang terdapat pada item pertanyaan ke-9, masih ada peserta didik yang menganggap makanan sehat itu tidak penting, padahal makanan sehat itu sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan aktivitas sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Literasi Jasmani, Pendidikan Jasmani, Aktivitas Jamani |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Calvin Candra Christian Waruwu |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 11:22 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 11:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21905 |
Actions (login required)
View Item |