Ginting, Tivani Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHYSICS TOOLBOX SUITE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013021015-COVER.pdf Download (687kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013021015-ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2013021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2013021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2013021015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2013021015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013021015-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Physics Toolbox Suite dengan model pembelajaran konvensional. Jenis kajian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dan desain kajian yang digunakan adalah pretest-posttest control grup design. Populasi dari kajian ini adalah kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja yang terdistribusi menjadi 8 kelas dengan total populasi sebanyak 296 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu XI F dan XI H. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik class random sampling. Data hasil belajar fisika siswa diperoleh melalui pemberian tes berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh akan analisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan uji ANAKOVA satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi sebesar 5% (0, 05). Hasil kajian menunjukkan rata – rata nilai hasil belajar siswa pada kelas model inkuiri terbimbing berbantuan Physics Toolbox Suite dan model konvensional masing – masing adalah 79,73 dan 50,63 dengan standar deviasi 7,74 dan 7,46 . Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Physics Toolbox Suite dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 213.892; P < 0,05). Simpulan kajian ini adanya pengaruh hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan physics toolbox suite dan siswa yang belajar dengan model konvensional dengan hasil belajar fisika dengan model inkuiri terbimbing berbantuan physics toolbox suite lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional. Kata kunci: model inkuiri terbimbing berbantuan physics toolbox suite, model konvensional, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model inkuiri terbimbing berbantuan physics toolbox suite, model konvensional, hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Tivani br Ginting |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 02:23 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21912 |
Actions (login required)
View Item |