Arieska Putri Umbara, Ida Ayu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031139-COVER.pdf Download (584kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031139-ABSTRAK .pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031139-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031139-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031139- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031139 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031139-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031139 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031139 - LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Mengetahui Pengaruh Problem Based Learning yang dibantu dengan gambar seri pada kompetensi pengetahuan IPS murid kelas V Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020 merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian dilaksanakan secara eksperimental menggunakan design eksperimen semu. Teknik sampel yang dipergunakan yaitu cluster random sampling. Semua murid kelas V Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Tabanan dengan banyak 5 kelas sejumlah 130 murid merupakan populasi penelitian. 71 murid diperoleh sebagai sampel, dengan kelas perlakuan sebesar 36 murid di Sekolah Dasar Negeri 6 Delod Peken dan kelas pembanding sebesar 35 murid di Sekolah Dasar Negeri 5 Delod Peken. Data Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial dikumpulkan menggunakan tes dan pilihan ganda biasa sebagai instrumen. T-test digunakan untuk memperoleh data pengetahuan murid dalam bidang pengetahuan sosial. Kelas perlakuan memperoleh rerata gain score sebesar 0,2754 sedangkan kelas pembanding sebesar 0,1416. Hasil analisis yaitu thitung = 7,93 > ttabel = 2,00, tingkat kepercayaan 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 36 + 35 - 2 = 69, oleh karena itu hipotesis nol berbunyi “Tidak ada perbedaan yang signifikan pada kompetensi IPS murid yang diajarkan dengan problem based learning dibantu dengan gambar seri dengan murid yang diajarkan secara konvensional” ditolak. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, gambar seri, kompetensi pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | IDA AYU ARIESKA PUTRI UMBARA |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 11:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 11:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2196 |
Actions (login required)
View Item |