Regita, Made Anggi Sasa (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER TERHADAP NILAI RELIGIUS DAN DISIPLIN ANAK DALAM KURIKULUM MERDEKA DI TK NEGERI BANJAR TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061024-COVER.pdf Download (664kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061024-ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061024-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran intrakurikuler terhadap nilai religius dan nilai disiplin anak dalam kurikulum merdeka di TK Negeri Banjar Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah kelompok B2 dan B3 di TK Negeri Banjar Tegal yang berjumlah 43 anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen nilai religius dan nilai disiplin anak berbentuk lembar observasi yang digunakan pada saat pengumpulan data melalui validassi instrument yang dilakukan oleh pakar yang membidangi nilai religius dan nilai disiplin anak dan telah diuji cobakan. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan dua tahap yaitu dengan statistic inferensial dan melaliu uji prasyarat analisis (uji-t) rata-rata nilai dari nilai religius dan nilai disiplin anak sebelum dibelajarkan yaitu 20.95 sedangkan mean atau rerata nilai anak yang dibelajarkan sesudah yaitu 50.68. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailedd) 0,01 lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran intrakurikuler berpengaruh terhadap nilai religius dan nilai disiplin anak di TK Negeri Banjar Tegal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran intrakurikuler, nilai religius dan nilai disiplin |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Made Anggi Sasa Regita |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:46 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22110 |
Actions (login required)
View Item |