Mailiyani, Ayuning Tyastuti (2024) Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 10 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041047-COVER.pdf Download (490kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041047-ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041047-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas, dan kepraktisan produk e-LKPD dengan pendekatan kontekstual pada materi perubahan lingkungan di SMA. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap Development. Uji validitas dilakukan pada 2 aspek yaitu materi oleh 2 orang ahli dan media oleh 1 orang ahli. Uji kepraktisan produk melibatkan 1 tenaga pendidik dan 12 peserta didik. Kriteria peserta didik yang dipilih yaitu 4 peserta didik dengan nilai mata pelajaran biologi rendah, 4 sedang, dan 4 tinggi. Dari penelitian dihasilkan produk e-LKPD dengan pendekatan kontekstual pada materi perubahan lingkungan, rerata hasil uji validitas ahli materi yaitu 92,5% dengan kriteria valid dan ahli media sebesar 96,3% dengan kriteria sangat valid, rerata hasil uji kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik yaitu 95,5% dan 85,3% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian e-LKPD yang dikembangkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, kepraktisan, pendekatan kontekstual, validitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | AYUNING TYASTUTI MAILIYANI |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22241 |
Actions (login required)
View Item |