Tarigan, Ekin Dio Gokyansen (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PERMAINAN BOLA KECIL BULUTANGKIS PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMP NEGERI 7 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011096-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011096-ABSTRAK.pdf Download (619kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (558kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011096-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011096-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011096-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang signifikan terhadap hasil belajar PJOK materi bola kecil bulutangkis peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 7 Singaraja tahun ajaran 2024/2025, melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yaitu dengan alur (1) Rencana Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi/Evaluasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII-A di SMP Negeri 7 Singaraja yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian ini terdiri atas pilihan ganda untuk aspek pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Hasil Belajar peserta didik diperoleh dari hasil siklus I permainan bola kecil bulutangkis yaitu sebesar 84% pada aspek pengetahuan dan 81% dalam aspek keterampilan., dan pada siklus II diperoleh sebesar 94% dalam aspek pengetahuan dan 91% dalam aspek keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan harapan yang telah mencapai ketuntasan belajar, oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan yaitu hasil belajar peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 7 Singaraja pada materi permainan bola kecil bulutangkis meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam kategori sangat baik dan hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII-A SMP Negeri 7 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, PJOK, Bola Kecil, Bulutangkis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | EKIN DIO GOKYANSEN TARIGAN |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 07:58 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 07:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22682 |
Actions (login required)
View Item |