Tarigan, Ario (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SHOOTING FUTSAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA TUNAS DAUD DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011012-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar shooting dalam permainan futsal pada peserta didik kelas X SMA Tunas Daud Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu dengan alur (1) Rencana Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi/Evaluasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan partisipasi peserta didik kelas X SMA Tunas Daud Denpasar yang berjumlah 36 peserta didik, terdiri dari 16 orang peserta didik putra dan 20 orang peserta didik putri. Rancangan penelitian ini menggunakan siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data hasil belajar yang digunakan untuk melakukan observasi hasil belajar yaitu dengan menggunakan penilaian hasil belajar (assesment). Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan, hasil belajar peserta didik teknik dasar shooting materi futsal secara klasikal pada siklus I aspek pengetahuan yaitu 72,2% dan aspek keterampilan sebesar 66,6% dan pada siklus II aspek pengetahuan meningkat menjadi 88,8% dan aspek keterampilan meningkat menjadi 94,1%, dapat dilihat bahwa ada terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar teknik dasar shooting materi futsal meningkat melalui implementasi model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas X SMA Tunas Daud Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar, Futsal, shooting |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ario Tarigan |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 02:37 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22821 |
Actions (login required)
View Item |