Pengembangan Media Accordion Book Berbasis Proyek Berbantuan QR Code Pada Materi Sistem Indera Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Suarkardini, Ni Luh Made (2025) Pengembangan Media Accordion Book Berbasis Proyek Berbantuan QR Code Pada Materi Sistem Indera Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041027-COVER.pdf

Download (362kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041027-ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041027-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas, kepraktisan dan efektivitas media accordion book berbasis proyek berbantuan Qr code pada materi sistem indera untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku berbentuk alat music accordion berbasis proyek dengan berbantuan Qr code yang telah melalui beberapa tahapan uji produk meliputi uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektivitas. Adapun hasil yang diperoleh yaitu: (1) berdasarkan hasil validitas oleh 2 ahli materi pembelajaran memperoleh persentase 91,05 dengan kualifikasi valid; dan hasil validitas oleh 2 ahli media pembelajaran memperoleh persentase 92,85 dengan kualifikasi sangat valid; (2) Berdasarkan uji kepraktisan yang oleh 3 orang guru dan 6 orang siswa masing-masing mendapatkan hasil persentase sebesar 100,00 dan 92,50 dengan kualifikasi sangat praktis; dan (3) Perolehan hasil uji efektivitas yang dilakukan oleh 30 orang siswa meliputi hasil pretest 60,83 dengan kriteria rendah dan posttes sebesar 76,33 dengan kriteria sedang yang menunjukan bahwa media accordion book ini efektif. Sedangkan, nilai t-hitung sebesar 7,727 sedangkan nilai-tabel sebesar 2,006 dengan artian t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk pengaruh Effect size didapat 2,28 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media accordion book berbasis proyek berbantuan Qr code pada materi sistem indera valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Accordion Book, Pembelajaran Berbasis Proyek, QR Code, dan Sistem Indera
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Made Suarkardini
Date Deposited: 14 Feb 2025 10:44
Last Modified: 14 Feb 2025 10:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23332

Actions (login required)

View Item View Item