Gunada, I Wayan Agus (2025) Kepemimpinan Pendidikan Berkearifan Lokal Budaya Hindu Bali di SMP Negeri Hindu 2 Sukawati. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2239011007-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2239011007-ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2239011007-LAMPIRAN.pdf Download (663kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mengkaji nilai kepemimpinan berkearifan lokal Budaya Hindu Bali dan penguatan pendidikan karakter, dalam aktivitas kepemimpinan pendidikan di SMP Negeri Hindu 2 Sukawati. Kepemimpinan pendidikan tidak hanya tentang pengelolaan, namun idealnya menjadi contoh dalam penguatan dan internalisasi nilai karakter bagi siswa. Penelitian dengan desain kualitatif berpendekatan studi fenomenologi. Data dikumpulkan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, ditemukan beberapa aspek penting yaitu 1) nilai kepemimpinan berkearifan lokal Bali yang secara tidak langsung diimplementasikan oleh kepala sekolah, 2) terdapat integrasi gaya kepemimpinan demokratis dan partisipasi dengan gaya kepemimpinan berkearifan lokal budaya Hindu Bali, 3) dalam konteks kearifan lokal, kepemimpinan kepala sekolah diimplementasikan melalui sikap dan perilaku yang mengadaptasi nilai-nilai kepemimpinan Hindu, dan 4) pada pendidikan karakter, sikap dan perilaku kepala sekolah dapat menjadi unsur keteladanan dalam penguatan pendidikan karakter. Temuan penting mengenai kepemimpinan berkearifan lokal memiliki nilai filosofis bahwa kepemimpinan dalam budaya Hindu Bali adalah pedoman dalam sikap memimpin yang berdasarkan nilai-nilai budaya dan keagamaan. Sebagai proses, kepemimpinan berkearifan lokal memiliki nilai keteladanan, karena sikap kepala sekolah yang berkarakter dapat menjadi bagian integral dalam menguatkan aspek habituasi dan aktualisasi karakter dalam diri peserta didik. Sejalan dengan hasil temuan, kepemimpinan berkearifan lokal idealnya dapat menjadi salah satu gaya kepemimpinan dalam pengelolaan sekolah, yang terintegrasi dengan gaya kepemimpinan modern. Hasil penelitian ini dapat menjadi pengembangan konsep dan pedoman bagi calon kepala sekolah, dan dapat menjadi rujukan bagi pihak pemerintah dalam mengintegrasikan nilai kepemimpinan berkearifan lokal dalam materi pendidikan dan pelatihan bagi calon kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kearifan Lokal, Pendidikan, Fenomenologi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Wayan Agus Gunada |
Date Deposited: | 16 Feb 2025 12:39 |
Last Modified: | 16 Feb 2025 12:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |