Kepemimpinan Pendidikan Berkearifan Lokal Budaya Hindu Bali di SMP Negeri Hindu 2 Sukawati

Gunada, I Wayan Agus (2025) Kepemimpinan Pendidikan Berkearifan Lokal Budaya Hindu Bali di SMP Negeri Hindu 2 Sukawati. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239011007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239011007-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239011007-LAMPIRAN.pdf

Download (663kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengkaji nilai kepemimpinan berkearifan lokal Budaya Hindu Bali dan penguatan pendidikan karakter, dalam aktivitas kepemimpinan pendidikan di SMP Negeri Hindu 2 Sukawati. Kepemimpinan pendidikan tidak hanya tentang pengelolaan, namun idealnya menjadi contoh dalam penguatan dan internalisasi nilai karakter bagi siswa. Penelitian dengan desain kualitatif berpendekatan studi fenomenologi. Data dikumpulkan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, ditemukan beberapa aspek penting yaitu 1) nilai kepemimpinan berkearifan lokal Bali yang secara tidak langsung diimplementasikan oleh kepala sekolah, 2) terdapat integrasi gaya kepemimpinan demokratis dan partisipasi dengan gaya kepemimpinan berkearifan lokal budaya Hindu Bali, 3) dalam konteks kearifan lokal, kepemimpinan kepala sekolah diimplementasikan melalui sikap dan perilaku yang mengadaptasi nilai-nilai kepemimpinan Hindu, dan 4) pada pendidikan karakter, sikap dan perilaku kepala sekolah dapat menjadi unsur keteladanan dalam penguatan pendidikan karakter. Temuan penting mengenai kepemimpinan berkearifan lokal memiliki nilai filosofis bahwa kepemimpinan dalam budaya Hindu Bali adalah pedoman dalam sikap memimpin yang berdasarkan nilai-nilai budaya dan keagamaan. Sebagai proses, kepemimpinan berkearifan lokal memiliki nilai keteladanan, karena sikap kepala sekolah yang berkarakter dapat menjadi bagian integral dalam menguatkan aspek habituasi dan aktualisasi karakter dalam diri peserta didik. Sejalan dengan hasil temuan, kepemimpinan berkearifan lokal idealnya dapat menjadi salah satu gaya kepemimpinan dalam pengelolaan sekolah, yang terintegrasi dengan gaya kepemimpinan modern. Hasil penelitian ini dapat menjadi pengembangan konsep dan pedoman bagi calon kepala sekolah, dan dapat menjadi rujukan bagi pihak pemerintah dalam mengintegrasikan nilai kepemimpinan berkearifan lokal dalam materi pendidikan dan pelatihan bagi calon kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kearifan Lokal, Pendidikan, Fenomenologi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Wayan Agus Gunada
Date Deposited: 16 Feb 2025 12:39
Last Modified: 16 Feb 2025 12:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23341

Actions (login required)

View Item View Item