Analisis Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan Manusia pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Denpasar

ADRIANTI, NI MADE MADE (2025) Analisis Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan Manusia pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Denpasar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1713071054_COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071054-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071054-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengevaluasi tingkat pemahaman siswa kelas VIII mengenai topik Sistem Pencernaan Manusia dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri 8 Denpasar, serta mengidentifikasi faktor yang mendukung maupun menghambat pemahaman tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan (mixed methods) dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Skor rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 69,0 dengan kategori sedang. Pemahaman konsep siswa kategori tinggi sebesar 10%, kategori sedang sebesar 54% dan rendah sebesar 36%; 2) Beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran IPA meliputi rendahnya motivasi belajar siswa serta keterbatasan alat dan bahan praktikum di laboratorium. Hal ini berkontribusi pada kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari; 3) Beberapa aspek yang mendukung pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA antara lain kebijakan yang mengizinkan penggunaan smartphone untuk mengakses materi pembelajaran, serta ketersediaan fasilitas seperti proyektor, speaker, dan jaringan Wi-Fi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPA, Sistem Pencernaan Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: NI MADE INDRI ADRIANTI
Date Deposited: 21 Feb 2025 05:10
Last Modified: 21 Feb 2025 05:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23604

Actions (login required)

View Item View Item