Gunawan, I Kadek Adi (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031183-COVER.pdf Download (733kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031183-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031183-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031183-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031183-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031183-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031183-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031183-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031183-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang terdiri dari 138 siswa. Sampel penelitian ini adalah SDN 2 Selat yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 4 Selat yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Penentuan kelompok sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan menggunakan instrumen tes objektif pilihan ganda. Data hasil belajar IPA yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen adalah 22,1 sedangkan kelompok kontrol adalah 19,8. Besarnya thitung pada penelitian ini adalah 2,44, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db = 54 adalah 2,004. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2,44 > ttabel = 2,004) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I KADEK ADI GUNAWAN |
Date Deposited: | 26 Jul 2020 03:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2020 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2386 |
Actions (login required)
View Item |