Dewi, Nyoman Ayu Candra Purnama (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA CERITA FIKSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BAKBAKAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031091-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031091-ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031091-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031091-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran konkret yang efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yakni media pembelajaran konkret “Diorama” Cerita Fiksi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD. produk yang dikembangkan diuji melalui penilaian ahli isi pembelajaran, ahli desain intruksional, ahli media pembelajaran, ahli kepraktisan, serta uji coba pada siswa untuk menilai kualitasnya. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama: medeskripsikan rancang bangun, kelayakan serta efektivitas media pembelajaran konkret “Diorama” Cerita Fiksi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD. Manfaat teoritis penelitian ini adalah membantu untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, dan dapat digunakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IV. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari tahap: Analisis, Desain Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan melalui penilaian ahli isi pembelajaran sebesar (97,91%), ahli desain intruksional sebesar (90,90%), ahli media pembelajaran sebesar (92,10%), ahli kepraktisan (96,42%), uji coba perorangan sebesar (94,73%), serta uji coba kelompok kecil sebesar (95,72%). Efektivitas media ini di uji melalui post-test, yang menunjukan bahwa media konkret “Diorama” efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi cerita fiksi. Hasil perhitungan m uji t menunjukan thitung sebesar 14,38 dan diperoleh hasil ttabel 1.73406, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : media Konkret, Diorama, cerita fiksi, Bahasa Indonesia, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nyoman Ayu Candra Purnama Dewi |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:14 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |