PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUTIARA PADA MATA PELAJARAN IPAS

Ambarwati, Ni Made Nindi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUTIARA PADA MATA PELAJARAN IPAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031063-COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031063-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031063-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPAS di sekolah masih berpusat pada guru, oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang inovatif yang dapat menumbuhkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IV SD Mutiara pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini termasuk kuasi-eksperimental dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik, terdiri dari 17 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 14 peserta didik sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling. Variabel independen adalah model pembelajaran inquiry training, sedangkan variabel dependennya adalah keterampilan kolaborasi peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian ini diperoleh thitung sebesar 9,530 dan ttabel 2,045 sehingga dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel 9,530 > 2,045. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikansi model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IV SD Mutiara pada mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model inquiry training, Keterampilan kolaborasi, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Nindi Ambarwati
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:17
Last Modified: 16 Apr 2025 07:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23927

Actions (login required)

View Item View Item