Eryang, Ni Wayan Putu Dila (2025) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DIGITAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD MATA PELAJARAN IPAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031150-COVER.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031150-ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031150-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031150-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031150-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031150-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031150-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031150-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031150-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada kelas IV yaitu rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa, dan penggunaan media pembelajaran belum optimal. Permasalahan tersebut memerlukan solusi pengembangan media yang inovatif dan kreatif sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan rancang bangun, menganalisis validitas, menganalisis kepraktisan, dan menganalisis efektivitas media pop-up book digital berbasis pemecahan masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE terdapat lima tahap meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian terdiri dari 31l siswa kelas IV. Temuan peneliti menunjukkan bahwa media pop-up book digital berbasis pemecahan masalah memperoleh indeks validitas ahli media dan indeks validitas ahli materi dengan kualifikasi sangat layak/valid. Memperoleh indeks kepraktisan dengan kualifikasi sangat praktis. Secara signifikan juga meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS. Temuan ini memberikan solusi yang relevan terhadap permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa serta penggunaan media yang belum optimal untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas IV. Dengan demikian, media pop-up book digital berbasis pemecahan masalah efektif meningkatkan motivasi belajar siswa serta inovatif untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pop-up book digital, pemecahan masalah, motivasi belajar siswa, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Putu Dila Eryang |
Date Deposited: | 27 Apr 2025 23:43 |
Last Modified: | 27 Apr 2025 23:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |