GINTING, VIBRA YANTI YULITA BR (2025) PENGGUNAAN YOUTUBE “INDONESIAN FAIRY TALES” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII.7 SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2012011017-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2012011017-ABSTRAK.pdf.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2012011017-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011017- BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011017- DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2012011017- LAMPIRAN.pdf.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan (1) penggunaan Youtube “Indonesian Fairy Tales” dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja, (2) penggunaan Youtube “Indonesian Fairy Tales” dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja, dan (3) respons siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja terhadap penggunaan Youtube "Indonesian Fairy Tales" dalam pembelajaran menulis cerita fantasi. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan angket serta analisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran yang tepat pada penggunaan Youtube “Indonesian Fairy Tales” ditekankan pada pengelolaan kelas dan persiapan media yang baik dan tepat, (2) penggunaan Channel Youtube “Indonesian Fairy Tales” dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi. Pada pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 69 (cukup), siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,9 kategori (cukup), sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 85,5 kategori (baik), (3) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan Channel Youtube “Indonesian Fairy Tales”. Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata 43 (positif), sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 45 (sangat positif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, teks cerita fantasi, Youtube |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Vibra Yanti Yulita Br Ginting |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:46 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |