PENGGUNAAN YOUTUBE “INDONESIAN FAIRY TALES” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII.7 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

GINTING, VIBRA YANTI YULITA BR (2025) PENGGUNAAN YOUTUBE “INDONESIAN FAIRY TALES” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII.7 SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011017-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (437kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2012011017-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011017- BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011017- DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (445kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011017- LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan (1) penggunaan Youtube “Indonesian Fairy Tales” dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja, (2) penggunaan Youtube “Indonesian Fairy Tales” dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja, dan (3) respons siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja terhadap penggunaan Youtube "Indonesian Fairy Tales" dalam pembelajaran menulis cerita fantasi. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII.7 SMP Negeri 2 Singaraja. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan angket serta analisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran yang tepat pada penggunaan Youtube “Indonesian Fairy Tales” ditekankan pada pengelolaan kelas dan persiapan media yang baik dan tepat, (2) penggunaan Channel Youtube “Indonesian Fairy Tales” dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi. Pada pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 69 (cukup), siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,9 kategori (cukup), sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 85,5 kategori (baik), (3) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan Channel Youtube “Indonesian Fairy Tales”. Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata 43 (positif), sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 45 (sangat positif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, teks cerita fantasi, Youtube
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Vibra Yanti Yulita Br Ginting
Date Deposited: 05 May 2025 01:46
Last Modified: 05 May 2025 01:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24036

Actions (login required)

View Item View Item