Widiadnyana, I Komang Adi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Pasing Bawah Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011120-COVER.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011120-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011120-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011120-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011120-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011120-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011120-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011120-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011120-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pasing bawah bola voli peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada Tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian Pre-test dan Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A dan B SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada Tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 61 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 29 peserta didik dan peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yaitu uji deskriptif, uji deskriptif N-Gain ternormalisasi, uji normalitas, uji homogenitas dan T-test. Perolehan rata-rata skor post-test eksperimen adalah 74,13 mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding rata-rata post-test kontrol yaitu 60,62. Hasil analisi uji-t diperoleh t-hitung hasil belajar 3,027 dan t-tabel (pada taraf signifikansi 0,05) =1.67109. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pasing bawah bola voli pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pasing Bawah, Model, Pembelajaran, Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Komang Adi Widiadnyana |
Date Deposited: | 08 May 2025 05:11 |
Last Modified: | 08 May 2025 05:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |