Krismantara, I Made (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS III KECAMATAN MENDOYO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031319-COVER.pdf Download (831kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031319-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031319-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031319-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031319-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031319-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031319-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031319-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031319-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui Model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan dengan kelompok yang tidak dibelajarkan melalu Model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan siswa kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu Eksperimen Semu dengan menggunakan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Gugus III Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 146 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan random sampling melalui teknik undian dengan mengundi kelas. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 8 Penyaringan yang berjumlah 20 orang dan siswa kelas V SD 6 Penyaringan yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan angka rata-rata kelompok eksperimen sebesar 20,25 dan kelompok kontrol sebesar 16,70. Hal ini berarti bahwa eksperimen > kontrol selanjutnya berdasarkan analisis uji-t terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V (t = 3,94 sig = 0,00), sehingga hipotesis alternatif (H0) yang diajukan ditolak dan (H1) diterima. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan dengan kelompok yang tidak dibelajarkan melalu model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan siswa kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Instruction, lingkungan, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Krismantara |
Date Deposited: | 26 Jul 2020 13:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2020 13:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2452 |
Actions (login required)
View Item |