Yasa, I Ketut Dena (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031323-COVER.pdf Download (791kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031323-ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031323-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031323-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031323-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031323-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031323-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031323-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031323-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Non-equivalen Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 90 orang. Sampel diambil dengan cara simple random sampling sebanyak 2 kelas, sehingga diperoleh Sampel siswa kelas IV SD Negeri 2 Paket Agung yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Paket Agung uang berjumlah 31 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dengan instrumen berupa kuesioner yaitu daftar pertanyaan atau pernyataan yang dijawab oleh responden. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata, didapatkan rata-rata efikasi diri siswa kelompok eksperimen sebesar 117,58 dan kelompok kontrol sebesar 111,11. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, thitung sebesar 12,55, sedangkan, ttabel dengan df = 60 pada taraf signifikan 5% adalah 1,95. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together memberikan pengaruh positif terhadap efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together, Efikasi Diri, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Dena Yasa |
Date Deposited: | 26 Jul 2020 12:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2020 12:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2454 |
Actions (login required)
View Item |