Maryani, Ni Luh Ketut (2025) EVALUASI PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUANG GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (RGTK) MENGGUNAKAN MODEL CSE-UCLA DI SEKOLAH DASAR GUGUS MENGWI KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329031018-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329031018-ABSTRAK.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
![]() |
Text (METODELOGI PENELITIAN)
2329031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329031018-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maryani, Ni Ketut (2025) Evaluasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Ruang Guru Dan Tenaga Kependidikan RGTK Menggunakan Model CSE-UCLA di Sekolah Dasar Segugus Mengwi. Tesis, Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof.Dr. I Putu Wisna Ariawan, M.Si. dan Pembimbing II: Dr. Ni Luh Gede Erni Sulindawati, S.E., Ak., M.Pd Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Evaluasi CSE-UCLA, Guru dan Tenaga Kependidikan, Efektivitas Program, Sekolah Dasar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi evaluatif untuk menilai efektivitas Sistem Informasi Manajemen RGTK di SDN Segugus Mengwi. Model evaluasi yang diterapkan adalah CSE-UCLA, yang mencakup lima variabel utama: system assessment, program planning, program implementation, program improvement, dan program certification. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Segugus Mengwi dengan melibatkan 94 guru sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan T-skor serta metode Kuadran Glickman untuk mengukur efektivitas program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh variabel utama dalam model CSE-UCLA berada dalam kategori efektif, dengan pola hasil (TTTRT) yang berarti "sangat efektif". Evaluasi menunjukkan bahwa sistem informasi GTK telah mendukung asesmen berbasis data secara optimal, membantu perencanaan program yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, serta meningkatkan efektivitas implementasi dan perbaikan program secara berkelanjutan. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kendala, seperti antarmuka yang kurang intuitif dan kurangnya pelatihan teknis bagi guru dalam memanfaatkan fitur-fitur platform ini secara maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen RGTK di SDN Segugus Mengwi telah memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan tenaga kependidikan dan proses pembelajaran. Rekomendasi yang diusulkan meliputi peningkatan dukungan teknis, pengembangan pelatihan guru, serta penyempurnaan sistem agar lebih user-friendly dan sesuai dengan kebutuhan sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Manajemen, Evaluasi CSE-UCLA, Guru dan Tenaga Kependidikan, Efektivitas Program |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | NI LUH KETUT MARYANI |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:16 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |