Putri, Sang Ayu Made Dwi Ananda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KEKAYAAN ALAM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031019-COVER..pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031019-ABSTRAK.pdf Download (770kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031019-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar, terutama pada muatan IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Kualitas pembelajaran IPA yang masih rendah menjadi isu utama, di samping kurangnya motivasi siswa yang memengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ineraktif berorientasi tri hita karana pada materi kekayaan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kampung Anyar pada siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,8 berada pada kategori sangat valid, hasil dari uji ahli media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,5 berada pada kategori sangat valid, selanjutnya hasil dari uji kepraktisan memperoleh nilai 92,50% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil diatas, maka penelitian media pembelajaran ineraktif berorientasi tri hita karana pada materi kekayaan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Implikasinya, pengembangan media pembelajaran interaktif berorientasi Tri Hita Karana pada materi kekayaan alam dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, motivasi, dan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, tri hita karana, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sang Ayu Made Dwi Ananda Putri |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:13 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |