PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE BILANGAN CACAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III GUGUS VI KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Savitri, Luh Ayu Trishna (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE BILANGAN CACAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III GUGUS VI KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031329-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031329-ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031329-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031329-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031329-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031329-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031329-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031329-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031329-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division berbantuan media puzzle bilangan cacah terhadap kompetensi pengetahuan Matematika pada siswa kelas III SD Negeri Gugus VI Kuta Selatan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 195 seluruh siswa kelas III SD Negeri Gugus VI Kuta Selatan. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas III SD No. 5 Ungasan sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan siswa kelas III SD No. 2 Ungasan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai pre-test pada kelompok eksperimen 61,30 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata nilai pre-test pada kelompok kontrol 53,39 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 80,37 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 73,04 yang berada pada kategori cukup. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,69 dan ttabel = 2,01 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 27 + 28 – 2 = 53. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (2,69 > 2,01) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division berbantuan media puzzle bilangan cacah terhadap kompetensi pengetahuan Matematika pada siswa kelas III SD Negeri Gugus VI Kuta Selatan tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, Puzzle Bilangan Cacah, Kompetensi Pengetahuan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Ayu Trishna Savitri
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:31
Last Modified: 23 Jun 2025 06:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24690

Actions (login required)

View Item View Item