Widiantari, Ni Made (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answers Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031257-COVER.pdf Download (548kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031257-ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031257-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031257-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031257-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031257-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1611031257-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031257-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031257-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question And Getting Answers berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, menggunakan nonequivalent control group design. Seluruh kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 9 kelas atau 232 siswa dijadikan sebagai populasi penelitian. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling melalui acak kelas. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SD No. 4 Sading dijadikan sebagai kelompok eksperimen, dan 32 siswa kelas IV SD No. 2 Sading dijadikan sebagai kelompok kontrol. Data dari kompetensi pengetahuan PPKn dikumpulkan dengan tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan PPKn menunjukkan bahwa skor rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn X̅ = 0,655 > X̅ = 0,538 dari skor rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis memakai uji-t polled varians. Hasil analisis uji-t didapatkan bahwa thitung = 2,053. Hasil tersebut selanjutnya dibandingkan dengan ttabel pada dk = 66, serta taraf signifikansi 5%, sehingga didapatkan nilai ttabel = 1,997, sehingga H0 ditolak, karena thitung = 2,053 > ttabel = 1,997. Oleh karena itu, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers berbantuan media powerpoint dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian, model pembelajaran Giving Question And Getting Answers berbantuan media powerpoint berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GQGA, powerpoint, kompetensi pengetahuan PPKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE WIDIANTARI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 19:51 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 19:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2478 |
Actions (login required)
View Item |