PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNITIF PADA MUATAN IPAS DI SEKOLAH DASAR TAHUN 2024/2025

Kusumakarang, I Made Alit Putra (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNITIF PADA MUATAN IPAS DI SEKOLAH DASAR TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111021024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111021024-ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111021024-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses rancang bangun pengembangan e-book interaktif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif pada muatan pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 2 Padangbulia tahun pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui validitas e-book interaktif berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran, (3) mengetahui respon pengguna terhadap e-book interaktif berdasarkan uji coba perorangan dan kelompok kecil, serta (4) mengetahui efektivitas e-book interaktif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan uji statistik inferensial uji-t sampel berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-book interaktif dikembangkan melalui tahapan analisis hingga evaluasi dengan fitur yang mendukung peningkatan kemampuan metakognitif siswa, (2) validitas produk berdasarkan ahli isi pembelajaran memperoleh skor 98,00% (sangat baik), ahli desain pembelajaran 98,00% (sangat baik), dan ahli media pembelajaran 89,33% (baik), (3) respon pengguna terhadap e-book interaktif berdasarkan uji coba perorangan memperoleh skor 94,67% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil 94,67% (sangat baik), serta (4) efektivitas e-book interaktif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa ditunjukkan melalui peningkatan nilai rata-rata Pretest 33,60 dan Posttest 77,00, yang berada di atas KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Hasil uji-t sampel berkorelasi menunjukkan nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah menggunakan e-book interaktif. Dengan demikian, e-book interaktif ini terbukti tidak hanya valid dan praktis, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Kata kunci: Pengembangan, e-book interaktif, metakognitif, IPAS, sekolah dasar, teknologi Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, e-book interaktif, metakognitif, IPAS, sekolah dasar, teknologi Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Made Alit Putra Kusumakarang
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:37
Last Modified: 30 Jun 2025 05:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24976

Actions (login required)

View Item View Item