Dewi, Ni Putu Aris Purnama (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS 8 DI SMP NEGERI 1 MENDOYO: STUDY EVALUASI KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041022-COVER.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041022-ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041022-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk mengungkap proses perencanaan, pelaksanaan, serta kendala dalam penerapan pendidikan karakter guna membentuk sikap disiplin dalam pembelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Mendoyo berdasarkan studi evaluatif terhadap Kurikulum Merdeka. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan subjek yang dipilih secara purposive, yakni guru PPKn, guru BK, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan lima siswa kelas VIII yang dinilai mampu memberikan informasi relevan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan secara sistematis dengan menyusun RPP yang mengandung nilai-nilai disiplin. Dalam praktiknya, guru PPKn mengaplikasikan metode diskusi, studi kasus, dan proyek yang mendorong pembentukan karakter. Sekolah mendukung proses ini melalui sistem penghargaan dan sanksi. Meski demikian, hambatan seperti kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya disiplin dan pengaruh latar belakang keluarga masih menjadi tantangan. Kurikulum Merdeka memberi ruang bagi guru untuk memilih pendekatan yang sesuai dalam menanamkan nilai karakter. Simpulan dari studi ini menyatakan bahwa pendidikan karakter dapat berhasil diterapkan jika didukung oleh perencanaan yang tepat, pelaksanaan yang konsisten, serta kerja sama antar pihak di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Sikap Disiplin, Pembelajaran PPKn, Kurikulum Merdeka, Evaluasi Implementasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | NI PUTU ARIS PURNAMA DEWI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:31 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |