PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sriwati, Ni Komang (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031233-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031233-ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031233-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031233-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031233-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran numbered head together berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus XI Kecamatan Buleleng. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VB SD Lab Undiksha Singaraja sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 35 orang dan VA SD Lab Undiksha Singaraja sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 35 orang dan dipilih melalui teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dalam bentuk tes pilihan ganda dengan reliabilitas tes 0,77 dan metode non tes dalam bentuk kuesioner dengan reliabilitas 0,92. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered head together berbantuan media audio visual dengan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional (sig. = 0,00 < 0,05), 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran numbered head together berbantuan media audio visual dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (sig. = 0,00 < 0,05), 3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered head together berbantuan media audio visual dengan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi (sig. = 0,00 < 0,05), 4) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered head together berbantuan media audio visual dengan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (sig. = 0,00 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered head together berbantuan media audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model numbered head together (NHT), hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KOMANG SRIWATI
Date Deposited: 27 Jul 2020 01:48
Last Modified: 27 Jul 2020 01:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item