Dewi, Ni Luh Pradita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031189-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031189-ABSTRAK.pdf Download (406kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031189-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031189-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031189-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Time Token berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan design eksperimen semu dan bentuk design The Posttest-only No-treatment Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara yang terdiri dari 16 kelas dan jumlah yakni 495 siswa. Sampel penelitian ditetapkan menggunakan cara cluster random sampling yang kemudian didapatkan dua kelas yaitu kelas IV SD No. 2 Kerobokan sebagai kelompok eksperimen yang memiliki jumlah 35 orang dan kelas IV A SD No. 2 Kerobokan Kaja sebagai kelompok kontrol yang memiliki jumlah 31 orang. Data keterampilan berbicara diperoleh dengan menggunakan metode non tes yaitu observasi terstruktur. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Nilai rata-rata keterampilan berbicara kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol yakni 80,95 > 69,36. Berdasarkan analisis data, didapatkan thitung = 7,042 dan ttabel (taraf signitifikansi 5%) = 2,000 dengan dk = 35 + 31 – 2 = 64. Hal ini berarti thitung = 7,042 > ttabel 2,000, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Time Token berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Time Token, Tri Kaya Parisudha, keterampilan berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH PRADITA DEWI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 13:01 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 13:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2521 |
Actions (login required)
View Item |