Purnamayanti, Ni Kadek Dwi (2020) Efektivitas Cooperative Learning dengan Teknik Numbered Heads Together dan Teknik Talking Stick dalam Setiing Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031024-COVER.pdf Download (681kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031024-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031024-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kooperatif teknik Numbered Heads Togheter dan teknik Talking Stick dalam Setting Lesson Study terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV A SD N 1 Baktiseraga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain Rendomize Control Trials (RCTs). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 1 Baktiseraga sejumlah 28 orang. Populasi untuk kelompok eksperimen pada kelas IV A di gunakan 14 orang yang diberikan perlakuan menggunakan teknik Numbered Heads Togheter dan teknik Talking Stick dan 14 orang pada kelas IV A sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar tematik siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang diajarkan dengan teknik Numbered Heads Togheter dan teknik Talking Stick dalam setting lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajaran guru seperti biasa pada hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa teori konstruktivis dengan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Togheter dan teknik Talking Stick dalam setting lesson study efektif meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV A SD Negeri 1 Baktiseraga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Setting lesson study |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Purnamayanti |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:20 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2548 |
Actions (login required)
View Item |