HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI KELAS IV GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dewi, Ni Made Padma Kusuma (2025) HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI KELAS IV GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031404-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031404-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031404-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031404-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031404-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031404-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031404-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031404-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031404-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2023/2024. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya penyesuaian strategi pembelajaran terhadap perbedaan karakteristik siswa, seperti gaya belajar, minat, dan kemampuan. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan berpihak pada siswa, salah satunya melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula, dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden yang diambil melalui teknik sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur tingkat penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan dokumentasi nilai untuk melihat hasil belajar IPAS siswa. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar IPAS siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,722 dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan oleh guru, maka semakin tinggi pula hasil belajar IPAS yang dicapai siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPAS di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS, siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Padma Kusuma Dewi
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:37
Last Modified: 17 Jul 2025 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25697

Actions (login required)

View Item View Item