Dewi, Ni Made Padma Kusuma (2025) HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI KELAS IV GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031404-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031404-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031404-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031404-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031404-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031404-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031404-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031404-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031404-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2023/2024. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya penyesuaian strategi pembelajaran terhadap perbedaan karakteristik siswa, seperti gaya belajar, minat, dan kemampuan. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan berpihak pada siswa, salah satunya melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula, dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden yang diambil melalui teknik sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur tingkat penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan dokumentasi nilai untuk melihat hasil belajar IPAS siswa. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar IPAS siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,722 dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan oleh guru, maka semakin tinggi pula hasil belajar IPAS yang dicapai siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPAS di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Padma Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |